….. (part 2)

Standar

Suara dari speaker mesjid terdengar sangat jelas. Saya langsung melihat jam yang terpasang di dinding rumah, masih pukul 07.00 pagi. Jelas, bukan suara adzan. jelas terlalu siang untuk adzan subuh, dan terlalu dini untuk adzan dzuhur. Ternyata itu adalah pengumuman untuk penimbangan rutin balita di rumah ibu bidan setiap bulannya.

Saya begitu bersemangat setelah mendengarkan pengumuman itu. Saya langsung memandikan kedua bocah itu. Setelah itu saya menyiapkan makan untuk mereka. Kali ini saya tidak menyuruh mereka makan sendiri. Saya ingin menyuapi mereka agar lebih cepat selesai. Lalu kami pun bergegas pergi ke rumah ibu bidan. Penimbanganya hanya sampai jam 10.00.  Tangan kiri saya memegang tangan kanan abbi dan tangan kanan memegang tangan kiri daffa.

Ada kain samping yang dibentuk seperti ayunan. Pemandangan yang biasa kita lihat di posyandu. Timbangan yang membuat sebagian anak terlihat menyenangkan untuk dinaiki. Tapi tidak untuk abbi. Saya harus berulang kali menyakinkan bahwa dia akan baik-baik saja ketika menaiki ayunan itu. Tapi ternyata tidak semudah itu meyakinkan anak 2,5tahun itu. akhirnya setelah beberapa lama, saya berhasil membuat abbi menaiki ayunan itu. tapi dengan gaya “superman”. Kepala dan tangannya keluar di ujung ayunan. Biarlah, yang penting saya tau perkembangannya. Abangnya justru berbanding terbalik dengan adiknya. Daffa dengan mudahnya naik ke ayunan. Dan bahkan ketika ditawarkan untuk naik kedua kalinya, dia mengangguk.  Hahaha..

“abbi, 11,5kg tingginya 85 cm. daffa 17,5kg, tingginya 103cm”

Daffa hanya naik 0,3kg dan 2cm sedangkan abbi berat badannya naik 1kg dan tingginya naik 4cm dari sebelumnya.

Mungkin ini salah satu kebahagiaan menjadi seorang ibu. Melihat perkembangan anak setiap harinya. Melihat baju mereka  yang tenyata semakin kecil, celana yang semakin pendek. Hal sederhana yang seringkali menyenangkan, tapi menyadarkan bahwa kita semakin tua.

“alhamdulillah, sehat terus nak” ucapku dalam hati.

***

Tinggalkan Balasan

