Bahaya Kurang minum…

Standar

hmm,, sebenernya malu juga ngepost ini,, soalnya gw termasuk orang yang kadang-kadang sering banget lupa buat minum..😀 sampe abis makan aja suka lupa,, hmm,, *udah kronis lupa nya.. haha.. parahnya gw lebih menderita ga makan daripada ga minum,, haha

tapiii.. justru ‘lupa’ itu,, gw akhirnya searching lah ke internet,, dan tanya2 sama mbah google..😀

“mbah.. mbah.. saya tuh suka lupa minum mbah,, itu bahaya ga?” hehe

dan jawaban dari mbah google banyaaaaaaaaaaakkk banget,, *ya iyalah,,😀

ternyata satu hal yang gw anggap sepele,, cuma LUPA MINUM,, itu bisa juga mengakibatkan kematian lho.. wew,, horrorrrrrrr.. :-s

hmm,, berikut penjelasannya.. cekedot.. hehe

hmm,, kadang-kadang air dianggap zat gizi yang yang tidak terlalu penting. Padahal menurut para pakar, kekurangan air 1 persen dari bobot tubuh saja bisa bikin otak lemot dan menciut.

Huuwaaa… jangan2 gw celeroon juga gara2 kurang minum?!?!?!?! :-s hehe,,

Sebagai salah satu unsur zat gizi, air sering ditempatkan di urutan terakhir setelah karbohidrat, protein, lemak bahkan mineral. Padahal peran air sangat banyak, diantaranya untuk membentuk sel, alat transportasi oksigen dalam darah, pengatur suhu, zat pelarut, pereaksi, pelumas dan bantalan.

Lho.. lho.. lho.. terus kenapa kalo kurang minum otak bisa lemot bin celeroon bin tulalit bin telmi?!?😀

hmm,, jadii hampir sebagian besar komposisi otak terdiri atas cairan, dan ketika otak tidak mendapatkan asupan air yang cukup, akan terjadi gangguan fungsi kognitif (kepandaian) di otak.

Jadii.. “Ketika tubuh kekurangan air atau dehidrasi, cairan di otak akan menurun, asupan oksigen yang harusnya mengalir ke otak pun berkurang. Akibatnya, sel-sel otak menjadi tidak aktif dan berkembang, bahkan bisa menciut. Dan ketika itu terjadi, otak tidak bisa menjalankan fungsi normalnya lagi, terutama fungsi kognitif yaang akhirnya membuat seseorang menjadi lemot, gampang lupa, dan tidak konsentrasi,”

Dehidrasi bisa terjadi ketika tubuh kekurangan 1 persen dari berat tubuhnya. Jadi kalau bobot tubuh seseorang 50 kilogram, maka kekurangan 0,5 liter air dari kebutuhan seharusnya (2-3 liter) bisa menyebabkan dehidrasi ringan seperti lelah dan gangguan fungsi kognitif serta daya ingat.

Nah,, penyebab dehidrasi itu bisa dari kurang minum, keringat berlebih, suhu panas, pendarahan dan gangguan penyakit. Trus gimana caranya kita bisa tau klo kita dehidrasi??? Nah,, dehidrasi bisa menyebabkan gejala ringan dan sedang seperti lelah, haus, tenggorokan kering, badan panas, sakit kepala, air kencing pekat, denyut nadi cepat hingga gejala berat seperti halusinasi dan kematian.

Waaaaawww…😮 sekali lagi dehidrasi bisa menyebabkan KEMATIAN.. hiiiiiiiii… :-s

Orang-orang yang berisiko dehidrasi adalah pekerja lapangan, namun tidak sedikit pekerja kantoran yang terkena dehidrasi. “Biasanya kalau di kantor kan pakai AC, dan itu bisa bikin orang tidak merasa haus. Apalagi ditambah dengan malas ngambil air minum, tambah saja dehidrasi. Hmm,, tambah satu lagi orang yang beresiko dehidrasi,, yaitu mahasiswa yang sibuk ngerjain tugas,, ikutan organisasi kaya gw… ahhahaha..😎

Hmm,,, sebenernya masih banyak lagi bahaya akibat KURANG MINUM,, yaitu mengganggu fungsi ginjal..

Tapiii, itu aja udah buat gw cukup sangat takut.😀

Dan akhirnya dari saat ini,, gw mw ngebiasain buat minum 8 gelas perhari,, klo bisa lebih ya lebih bagus.. huhuhu…

Semoga bermanfaat dan membuat kalian takut.. hehe

Ayo perbanyak minum air putiiih…😉

4 responses »

  1. ayooo….

    pernah merhatiin bule2 yg berkeliaran d indonesia khusunya bndugn..

    klo ez se sering.. tu bule pasti “ngbekel” air mineral..

    gtw deh knp.. mngkin krn cuaca’y yg hot kali yah.. heu..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s